tugas rekayasa ide dasar informatika







Tugas Rekayasa Ide Dasar Informatika

ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM GAME
OLEH:
M.REZA PRATAMA HARAHAP    (4183250014)
  ILMU KOMPUTER A

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUANALAM
UNIVERSITAS NEGERIMEDAN
2018








KATA PENGANTAR...............................................................................................................1
BAB 1......................................................................................................................................................2
MASALAH................................................................................................................................................2
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH.........................................................................................................2
BAB 2.................................................................................................................................................3
ALTERNATIF METODE YANG SUDAH ADA...................................................................................3
BAB3........................................................................................................................................................6
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................................7














KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah  ini dapat tersusun hingga selesai. Dan saya  ucapkan terimakasih  kepada  Dosen  Pembimbing  mata kuliah Dasar Informatika.
Dan  harapan saya  semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu sangat diharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat lebih mengerti tentang materi yang telah saya sajikan.

 





BAB I

MASALAH



1.1       Latar Belakang Masalah


Ketika mendiskusikan evolusi kecerdesan buatan dalam permainan komputer, salah satu pasti harus menyebutkan game yang telah berubah menjadi tonggak dalam pengembangan perilaku cerdas dalam permainan.
Kecerdasan buatan (Artificial intelligence) didefenisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa  macam bidang yang menggunaka kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer, logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.









BAB II

ALTERNATIF METODE YANG SUDAH ADA


              Game  adalah permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Permainan game merupakan bidang AI yang sangat populer berupa permainan antara manusia melawan mesin yang mempunyai intelektual untuk berpikir. Komputer dapat bereaksi dan menjawab tindakan-tindakan yang diberikan oleh lawan mainnya.
            Salah satu komputer yang ditanamkan AI untuk game bernama Deep Blue. Deep Blue adalah sebuah komputer catur buatan IBM pertama yang memenangkan sebuah permainan catur melawan seorang juara dunia (Garry Kasparov) dalam waktu standar sebuah turnamen catur. Kemenangan pertamanya (dalam pertandingan atau babak pertama) terjadi pada 10 Februari 1996, dan merupakan permainan yang sangat terkenal.
Kini telah banyak berkembang game AI yang semakin menarik, interaktif, dan dengan grafis yang sangat bagus. Ditambah dengan kemajuan teknologi jaringan komputer yang semakin cepat, sudah banyak terdapat game-game AI yang berbasiskan online. Tidak sedikit orang yang tertarik dengan game saat ini. Mereka memainkan game untuk mengisi kekosongan waktu mereka atau pun melatih skill mereka dalam berpikir.

           

Artificial Intelligence dalam Game
          Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
          Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
·         Penglihatan (vision)
·         Suara (voice), ucapan (speech)
·         Gerakan anggota badan ( gesture)
         Untuk pembentukan Artificial Intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu struktur. Implementasi pohon (tree) ini biasa disebut game tree. Berdasarkan game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan buatannya. Artificial intellegence yang disematkan dalam sebuah game yang membentuk analisis game tree biasanya merepresentasikan kondisi atau posisi permainan dari game sebagai suatu node, dan merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana representasi suatu pohon (tree).
          Namun, biasanya representasi langsung tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi sebanyak apapun masalah, namun game tree yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan penyederhanaan bagi sebuah game tree.
          Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan algoritma dan representasi berbeda.
          Minimax yang merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence, dan tidak menutup kemungkinan ilmu dan metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di masa depan.






BAB III

IDE BARU/ IDE KREATIF


           FPS – jenis game biasanya menerapkan struktur berlapis dari sistem kecerdasan buatan (Artiificial intellegence). Lapisan terletak di bagian paling bawah menangani tugas yang paling dasar, seperti menentukan jalur optimal untuk target atau bermain urutan yang tepat dari karakter animasi. Tingkat yang lebih tinggi bertanggung jawab untuk alasan taktis dan memilih perilaku yang agen AI harus mengasumsikan sesuai dengan strategi yang sekarang.










DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas cbr dasar informatika